Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan kurikulum operasional yang dijadikan pola bagi guru untuk mengelola kegiatan bermain untuk mendukung anak dalam proses belajar.
Rencana pelaksanaan pembelajaran dibentuk sebelum pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya dan kebutuhan individual) anak yang terlibat dalam pembelajaran.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai pola guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk:
- mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran
- mengarahkan guru untuk menyiapkan alat dan materi yang diperlukan,
- mengarahkan guru untuk membangun sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dimiliki anak
- mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran
Rambu-rambu penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran:
- Mengacu pada kompetensi dasar (KD) yang memuat sikap, pengetahuan, dan keterampilan utnuk mewujudkan ketercapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) yang meliputi nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, social emosional dan seni.
- Memuat materi yang sesuai dengan KD dan dikaitkan dengan tema.
- Memilih kegiatan selaras dengan muatan/ materi pembelajaran
- Mengembangkan kegiatan main yang berpusat pada anak
- Menggunakan pembelajaran tematik
- Mengembangkan cara berfikir saintifik
- Berbasis budaya lokal dan memanfaatkan lingkungan alam sekitar, sebagai media bermain anak
Menurunkan KD menjadi Materi/Muatan Ajar
Pada pembelajaran PAUD hal yang terpenting ialah proses berguru yang menumbuhkan anak bahagia belajar, bahagia melaksanakan proses saintis, BUKAN menekankan pada penguasaan materi alasannya ialah evaluasi atau assessment pada aktivitas anak usia dini merujuk pada tahap perkembangan. Inilah keunikan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Namun demikian proses pembelajaran pada anak usia dini yang dilakukan melalui kegiatan bermain juga menunjukkan penambahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan anak yang sesuai dengan Kompetensi Dasar dengan memperhatikan kemampuan yang sesuai tahap perkembangan anak pada usia tertentu pada umumnya. Oleh alasannya ialah itu pendidik juga harus bisa menurunkan materi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar.
Perlunya Pemahaman Materi
- Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak
- Memperluas pengalaman bermain yang bermakna
- Menumbuhkan minat berguru siswa
Langkah penyusunan materi
- Pahami inti muatan dari setiap kompetensi dasar. Kemampuan apa yang diharapkan dari KD tersebut.
- Pahami keluasan cakupan materi yang termuat dalam KD
- Pahami kedalaman materi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.
- Sesuaikan dengan visi yang ingin diwujudkan dan Tujuan yang ingin dicapai pada anak didik selama berguru di Satuan Taman Kanak-kanak Pembina Negeri.
- Tentukan prioritas materi yang mendukung pencapaian KD
File: Pendma Kemenag Pamekasan | IGRA
No comments:
Post a Comment