Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jenjang Madrasah Ibtidaiyah ini disusun sebagai contoh operasional bagi Madrasah Ibtidaiyah dan stakeholders (kepala madrasah, guru, pengawas dan komite sekolah) dalam membuatkan KTSP yang akan dilaksanakan di masing-masing Madrasah Ibtidaiyah.
Kegiatan pengembangan dimulai dari tahap: penyusunan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Dengan contoh ini, dibutuhkan mulai tahun 2009, setiap Madrasah Ibtidaiyah sanggup membuatkan KTSP yang khas dan memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Selain sanggup dipakai oleh guru, buku panduan ini juga sanggup dipakai sebagai materi utama dalam empat Paket Pelatihan Penyusunan KTSP untuk:
- Kepala Madrasah dalam menyusun dokumen 1 KTSP,
- Guru kelas dan/atau guru mata pelajaran dalam menyusun silabus dan RPP,
- Pengawas sekolah dalam memfasilitasi penyusunan dan mensupervisi pelaksanaan KTSP,
- tim Pengembang Kurikulum di setiap madrasah Ibtidaiyah untuk training berbasis madrasah.Paket training ini dikembangkan dengan pendekatan pembelajaran berbasis P4R (pengalaman, pembelanjaan, penguatan, pendampingan dan refleksi), yang sangat efektif.
Isi Petunjuk Teknis Penyusunan Kurikulum SD MI :
- Siklus Pengembangan Kurikulum
- Peran dan Tanggung Jawab dalam Pengembangan KTSP
- Pendekatan,Prinsip-Prinsip,dan Acuan Operasional
- Langkah-Langkah Teknis Dalam Penyusunan KTSP
- Komponen KTSP Dokumen I Dan Cara Menyusunnya
- Prinsip Pengembangan Silabus
- Langkah Penyusunan Silabus dengan Pendekatan Mata Pelajaran
- Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
- Langkah Yang Harus Ditempuh dalam Menyusun RPP
- Bekal Tambahan untuk Menyusun RPP
- Memahami Prinsip dan Jenis Alat Penilaian
- Penyusunan Silabus dan RPP dengan Pendekatan Pembelajaran Tematik
- Langkah Penyusunan Silabus Pembelajaran Tematik
- Prinsip Penyusunan Jaring Tema Harian
- Penyusunan Silabus dan RPP
- Prinsip dan Contoh Implementasi Kurikulum
- Kegiatan yang harus dilakukan sebelum Implementasi Kurikulum
- Peran Masing-Masing Pihak Dalam Pengembangan KTSP
- Kiat-Kiat Agar Implementasi Kurikulum Berhasil
- Faktor-faktor Pendukung Keefektifan Pelaksanaan KTSP
- Contoh pengembangan visi ke misi
- Contoh penulisan muatan lokal pada dokumen 1 KTSP
- Contoh rincian penyajian kegiatan pengembangan diri di Madrasah
- Contoh Program Tahunan Pengembangan Kurikulum
- Rincian kecakapan hidup yang sanggup dintergrasikan ke dalam mata pelajaran
- Contoh penulisan Pendidikan Kecakapan Hidup dalam KTSP
- Contoh penulisan Pendidikan Keungulan Lokal dan Global di KTSP
- Formula untuk mentapkan kelulusan
- Contoh Pemetaan SKKD mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
- Contoh format untuk pendalaman SKKD mata pelajaran IPA
- Contoh format silabus
- Contoh pengembangan kegiatan pembelajaran
- Contoh rubrik penilaian kemampuan menyusun silabus
- Contoh KD yang fokus pada keterampilan (melakukan sesuatu)
- Contoh KD yang fokus pada pemahaman konsep
- Contoh KD yang fokus pada keterampilan (melakukan sesuatu)
- Contoh format RPP
- Contoh lembar observasi penilaian afektif
- Contoh Lembar Observasi Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Umum
- Contoh rubrik penilaian kemampuan menyusun RPP
No comments:
Post a Comment