Sunday, 24 February 2019

Jadi Berilmu Buku Panduan Penyusunan Sop Paud Tk Ra Terbaru


Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini memuat 16 sikap yang diharapkan menjadi kompetensi anak, yakni (1) memercayai adanya Tuhan, (2) menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan, (3) berperilaku hidup sehat, (4) mempunyai sikap ingin tahu, (5) kreatif, (6) estetis, (7) percaya diri, (8) disiplin, (9) sabar, (10) mandiri, (11) peduli, (12) toleran, (13) jujur, (14) bertanggung jawab, (15) menyesuaikan diri, (16) rendah hati dan santun.

Sesuai dengan cara berguru anak yang peniru, pembentukan sikap harus dimulai dari guru sebagai model perilaku. Keajegan sikap guru dalam membentuk sikap membantu anak memahami lebih gampang apa dan bagaimana berperilaku sesuai dengan sikap yang diharapkan. Untuk keperluan tersebut seharusnya satuan PAUD menciptakan atau menyusun Standar Operasinal Prosedur (SOP) acara yang di dalamnya memuat nilai-nilai sikap yang ingin terbentuk pada anak.

Dalam upaya memudahkan guru menyusun SOP di satuan PAUD-nya, disusunlah Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang diterapkan dalam acara harian satuan PAUD masing-masing.

SOP yaitu langkah-langkah yang harus diikuti untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan berpedoman pada tujuan yang harus dicapai. SOP merupakan teladan kerja dari sumber daya insan yang ada di satuan pendidikan untuk melakukan acara yang akan mewujudkan visi dan misi lembaga.

SOP mempunyai tahapan atau tata cara yang sifatnya baku dan harus dilalui untuk menuntaskan suatu proses kerja tertentuSOP menjadi sistem yang memperlihatkan pedoman kerja, kapan, di mana, oleh siapa dan cara bagaimana acara dijalankan terutama yang bersifat rutin dan habituasi. Kegiatan dilakukan guru secara rutin dan terus berulang sehingga menjadi  pembiasaan dan keteladanan.

Setiap satuan PAUD diwajibkan menciptakan SOP sebagai pengendali pelaksanaan kurikulum. SOP ini ditujukan semoga keseluruhan praktik pembelajaran di setiap satuan PAUD sanggup dilaksanakan secara optimal dan berkualitas.

SOP Pembelajaran merupakan langkah-langkah untuk menjalankan pembelajaran PAUD dalam mencapai semua kompetensi inti (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan) dan standar tingkat pencapaian perkembangan anak.

Karena itulah, maka disusun buku panduan dalam pengembangan SOP untuk pendidikan anak usia dini yang mencakup beberapa hal berikut ini:

  1. Apa, Mengapa dan Bagaimana Standar Operasional Prosedur
  2. Apa Pengertian SOP
  3. Apa Tujuan SOP
  4. Apa Fungsi SOP
  5. Mengapa perlu SOP
  6. Apa Syarat SOP
  7. Siapa yang menciptakan SOP
  8. Kapan SOP diperlukan
  9. Bagaimana Menyusun SOP
  10. Cara Penyusunan
  11. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan SOP
  12. Contoh Cara Memanfaatkan SOP
  13. Jenis dan Daftar SOP Di Satuan PAUD
  14. Apa SOP yang bersifat khusus

Untuk lebih lengkapnya silahkan anda unduh file pdf dari ihwal Buku Panduan Penyusunan SOP PAUD Taman Kanak-kanak RA pada link dibawah ini:

 Buku Panduan Penyusunan SOP PAUD Taman Kanak-kanak RA Terbaru

Demikian dari kami, semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment