Sunday, 24 February 2019

Jadi Berilmu Buku Fatwa Penyusunan Kurikulum 2013 Paud Tk Ra


Pendidikan Anak Usia Dini, yang selanjutnya disingkat PAUD, merupakan suatu upaya pelatihan yang ditujukan kepada anak semenjak lahir hingga dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui derma rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani supaya anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Beberapa komponen yang sanggup dijabarkan dari rumusan tersebut di atas, yakni:

  • PAUD berisi kegiatan pelatihan berupa kegiatan pendidikan.
  • Sasaran PAUD yaitu anak usia 0-6 tahun
  • Program PAUD untuk membuatkan seluruh potensi anak yang meliputi lingkup perkembangan nilai agama dan moral, fisik  motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni.
  • Tujuan kegiatan PAUD yaitu supaya anak mempunyai kesiapan mengikuti pendidikan lebih lanjut

Pendidikan anak usia dini di Indonesia mempunyai kekhasan dibanding dengan yang diterapkan di banyak sekali negara. Kekhasan tersebut pada: (1) cakupan rentang usia, sasaran anak usia dini di Indonesia dari 0 – 6 tahun, sedangkan di berbegai negara mencapai usia 8 tahun; (2) kegiatan layanan anak usia dini di Indonesia terdiri atas Taman Kanak-Kanak (untuk anak 4-6 tahun), Kelompok Bermain (prioritas anak usia 2-4 tahun), Taman Penitipan Anak (prioritas usia 0-6 tahun), dan Satuan PAUD Sejenis (anak 0-6 tahun); (3) jalur pendidikan.

Taman Kanak-Kanak masuk dalam jalur pendidikan formal, sedangkan Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, dan Satuan PAUD Sejenis masuk dalam jalur pendidikan non formal. Kekhasan tersebut mengakibatkan PAUD di Indonesia spesifik dalam penyelenggaraannya alasannya yaitu setiap kegiatan layanan mempunyai kekhasan masing-masing. Namun demikian semua kegiatan layanan PAUD mempunyai tujuan yang sama yakni membuatkan seluruh potensi anak yang meliputi aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, serta seni untuk mencapai kesiapan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan anak usia dini merupakan dasar yang memberi efek positif pada keberhasilan di jenjang pendidikan di atasnya. Oleh alasannya yaitu itu, pendidikan anak usia dini dikembangkan dengan berdasar landasan keilmuan, landasan yurudis, sosial, budaya, dan pedagogis baik secara teoretis maupun empiris.

Isi buku ajaran kurtilas paud format pdf ini meliputi:

  • Apa yang mendasari pemikiran K 13 PAUD?
  • Apakah Makna PAUD Dalam Pembangunan Bangsa
  • Ke manakah Arah Pembangunan PAUD Di Indonesia
  • Mengapa PAUD Memerlukan Kurikulum Berkualitas
  • Perlukah Kurikulum Untuk Pendidikan Anak Usia Dini
  • Apa sajakah yang menjadi Landasan Pengembangan Kurikulum PAUD di Indonesia
  • Bagaimanakah Posisi Kurikulum PAUD dalam Rangka Pendidikan Nasional
  • Bagaimanakah Kedudukan K-13 PAUD dengan Kurikulum Pendidikan di Level Atasnya
  • Bagaimanakah Keterkaitan Standar PAUD dan Kurikulum 2013 PAUD
  • Bagaimanakah Karakteristik Kurikulum PAUD Indonesia
  • Ke manakah Arah Kurikulum PAUD Indonesia
  • Arah Kurikulum 2013 PAUD
  • Apa sajakah Karakteristik Kurikulum PAUD Indonesia
  • Apa Prasyarat dalam Menerapkan Kurikulum PAUD Indonesia
  • Bagaimana Ketentuan Pemda dalam Penerapan Kurikulum PAUD
  • Bagaimana Ketentuan Setiap Satuan PAUD dalam Penerapan Kurikulum PAUD

Semuanya bagikan dalam bentuk file format pdf dan sanggup anda unduh pada link dibawah ini:

Buku Pedoman Penyusunan Kurikulum 2013 PAUD Taman Kanak-kanak RA

Demikian dari kami, semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment