Tuesday, 26 February 2019

Jadi Berakal Rujukan Visi Misi Dan Tujuan Sekolah / Madrasah


Sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan dan Acuan operasional penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan maka Kurikulum harus disusun untuk memungkinkan adaptasi jadwal pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Madrasah / Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan.

Perkembangan dan tantangan itu contohnya menyangkut: (1) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, (3) periode informasi, (4) efek globalisasi terhadap perubahan sikap dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang renta terhadap pendidikan, (6) dan periode perdagangan bebas.

Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah melalui visi sekolah dan diperlukan semua stakeholders sanggup menghayati dan bersama sama mewujudkan visi tersebut.

Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah

A. Visi :


Mewujudkan Sekolah kompetitif, berkarakter dan berwawasan lingkungan dan bermutu serta menyiapkan generasi Islami, kompetitif, serta peduli lingkungan. Sedangkan indikator Visi sebagai berikut:

  • Memiliki system pengembangan kreatifitas yang berkelanjutan
  • Memiliki kurikulum kreatifitas
  • Memiliki Renstra (Rencana Strategis) 10 tahun
  • Memiliki SOP (Standar Operasional prosedur) di Lingkungan Sekolah
  • Memiliki pelatihan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan
  • Memiliki system rekrutmen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai standart
  • Memiliki lingkungan sekolah yang islami dan aman untuk belajar
  • Memiliki panduan pelatihan aqidah dan akhlaqulkarimah bagi murid
  • Memiliki panduan pelatihan menuju sikap kompetitif periode globalisasi
  • Memiliki panduan pelatihan dalam olimpiade-olimpiade
  • Memiliki panduan pengembangan pembelajaran berbasis teknologi
  • Memiliki panduan pembelajaran dengan SCEIJOLL (Student Creatif, Efektif, Inovatif and Joyfullearning)
  • Memiliki panduan Pembelajaran yang menerapkan ketrampilan dan percobaan serta penelitian
  • Memiliki panduan untuk berbagi life skill
  • Memiliki panduan model multiple intelligence dalam pembelajaran
  • Memiliki panduan pelatihan siswa peduli lingkungan hidup
  • Memiliki panduan kurikulum Kelestarian Lingkungan hidup

B. Misi


  • Membuat system pengembangan kreatifitas yang berkelanjutan
  • Membuat kurikulum kreatifitas
  • Membuat Renstra (Rencana Strategis)
  • Membuat SOP
  • Melaksanakan pelatihan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan
  • Melaksanakan rekrutmen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai standart
  • Mengembangkan lingkungan sekolah yang islami dan aman untuk belajar
  • Melaksanakan pelatihan aqidah dan akhlaqulkarimah bagi murid
  • Membuat sistim pelatihan menuju sikap kompetitif periode globalisasi
  • Melaksanakan dan mengikutsertakan dalam olimpiade-olimpiade
  • Membuat sistem pengembangan pembelajaran berbasis teknologi
  • Melaksanakan pembelajaran dengan SCEIJOLL (Student Creatif, Efektif, Inovatif and Joyfullearning)
  • Melaksanakan Pembelajaran yang menerapkan ketrampilan dan percobaan serta penelitian
  • Membuat sistem untuk berbagi life skill
  • Melaksanakan penilaian berbasis kelas dan kebutuhan
  • Melaksanakan model multiple intelligence dalam pembelajaran
  • Membuat sistem pelatihan siswa peduli lingkungan hidup
  • Membuat kurikulum Kelestarian Lingkungan hidup

C. Tujuan (6 Tahun)


  1. Tersedianya system pengembangan kreatifitas yang berkelanjutan
  2. Tersedianya kurikulum kreatifitas
  3. Tersedianya Renstra (Rencana Strategis)
  4. Tersedianya SOP (Standar Operasional Prosedur)
  5. Terlaksananya pelatihan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan
  6. Terlaksananya rekrutmen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai standart
  7. Terwujudnya lingkungan sekolah yang islami dan aman untuk belajar
  8. Terlaksananya pelatihan aqidah dan akhlaqul karimah bagi murid
  9. Tersedianya sistim pelatihan menuju sikap kompetitif periode globalisasi
  10. Terlaksananya acara mengikuti olimpiade-olimpiade
  11. Tersedianya sistem pengembangan pembelajaran berbasis teknologi
  12. Terlaksananya pembelajaran dengan SCEIJOLL (Student Creatif, Efektif, Inovatif and Joyfullearning)
  13. Terlaksananya Pembelajaran yang menerapkan ketrampilan dan percobaan serta penelitian
  14. Terlaksananya sistem untuk berbagi life skill
  15. Terlaksananya model multiple intelligence dalam pembelajaran
  16. Tersedianya sistem pelatihan siswa peduli lingkungan hidup
  17. Terlaksananya kurikulum Kelestarian Lingkungan hidup
  18. Melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran
  19. Memelihara prasarana pendidikan
  20. Menciptakan lingkungan 7K (keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, kerindangan, kedisiplinan, kesehatan, dan kekeluargaan)
    • Merealisasikan upaya keamanan sekolah
    • Merealisasikan ketertiban di lingkungan sekolah
    • Merealisasikan kebersihan sekolah
    • Menjaga keindahan sekolah
    • Merealisasikan kerindangan pepohonan di lingkungan sekolah
    • Menegakkan kedisiplinan bagi setiap warga sekolah
    • Merealisasikan UKS
    • Memelihara kekeluargaan
  21. Mengembangkan metode-metode penilaian pembelajaran yang autentik
    • Melaksanakan acara penyusunan perangkat penilaian sesuai metode-metode penilaian berbasis kelas
    • Melaksanakan penilaian di tingkat kelas dan sekolah
    • Merealisasikan sistem penilaian berbasis kelas
    • Merealisasikan penilaian sekolah
    • Merealisasikan standar penilaian sesuai standar kopetensi lulusan

No comments:

Post a Comment