Thursday, 25 January 2018

Jadi Akil Prinsip Prinsip Evaluasi Pembelajaran Anak Paud Tk Ra


Penilaian dilakukan untuk mengetahui nilai dari sesuatu. Dalam pelaksanaan program, evaluasi dimaksudkan untuk mengetahui nilai semua hal yang berkaitan dengan kegiatan pelaksanaan program, yaitu nilai anak, nilai guru, dan nilai program.

Untuk memperoleh nilai yang benar menggambarkan nilai sesungguhnya dari sesuatu atau anak yang dinilai, guru hendaknya memenuhi prinsip-prinsip evaluasi berikut

a. Menyeluruh


Penilaian secara menyeluruh maksudnya ialah evaluasi dilakukan baik terhadap proses maupun hasil kegiatan anak. Penilaian terhadap proses ialah evaluasi pada ketika kegiatan pelaksanaan kegiatan tersebut sedang berlangsung. Sedangkan evaluasi terhadap hasil ialah evaluasi wacana hasil kerja anak. Di TK, hasil kerja anak sanggup berupa hasil keterampilan tangannya berupa bentuk tertentu, menyerupai guntingan, gambar, roncean dll. Penilaian proses dan hasil dibutuhkan sanggup menggambarkan adanya perubahan sikap anak, baik yang menyangkut pengetahuan, sikap, perilaku, nilai serta keterampilan. Perubahan disebut faktual apabila berangsur-angsur dari yang ada menuju ke arah yang lebih baik.

b. Berkesinambungan


Penilaian dilakukan secara berencana, sedikit demi sedikit dan terus menerus. Hal tersebut dilakukan semoga warta yang diperoleh betul-betul berasal dari citra perkembangan hasil berguru anak sebagai hasil didik dari kegiatan pelaksanaan program. Penilaian direncanakan terlebih dahulu baik secara harian, caturwulan, maupun tahunan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, guru sanggup memakai catatan sehingga secara sedikit demi sedikit hasil evaluasi sanggup diketahui. Dengan cara demikian dibutuhkan diperoleh citra wacana kemajuan perkembangan hasil berguru anak sebagai hasil kegiatan pelaksanaan program. Dengan prinsip tersebut akan cepat diketahui anak yang mengalami kesulitan atau permasalahan dalam perkembangannya.

c. Berorientasi pada proses dan tujuan


Penilaian pada pendidikan anak Taman Kanak-kanak dilaksanakan dengan berorientasi pada tujuan dan proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Penetapan kegiatan diubahsuaikan dengan tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak. KBK yang telah dirumuskan intinya telah diubahsuaikan dengan tugas-tugas pertumbuhan dan perkembangan anak usia TK. KBK tersebut sanggup dipakai sebagai rambu-rambu penilaian. Masing-masing tujuan dirumuskan indikatornya sehinggah lebih memudahkan dalam memberi nilai. Dengan demikian guru harus benar-benar menguasai irama dan tugas-tugas perkembangan anak usia Taman Kanak-kanak baik secara kelompok seusianya maupun individual.

d. Objektif


Penilaian harus memenuhi prinsip objektifitas. Penilaian objektif ialah evaluasi yang sanggup memperlihatkan warta yang sesungguhnya atau mendekati sesungguhnya wacana objek kemampuan atau perubahan pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak. Guru harus memperhatikan perbedaan-perbedaan perkembangan pada setiap anak. Artinya guru tidak sanggup memperlihatkan interpretasi yang sama pada setiap sikap anak yang sama atau bersamaan. Perilaku yang sama dari beberapa anak mungkin saja terjadi tetapi akan mempunyai makna yang berbeda sesuai dengan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan anak. Guru harus tetap melihat anak sebagai individu yang unik, yang berbeda antara satu dengan yang lain.

e. Mendidik


Hasil evaluasi harus sanggup membina dan mendorong timbulnya harapan anak untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh alasannya ialah itu, hasil evaluasi harus dirasakan sebagai suatu penghargaan bagi yang berhasil dan sebaliknya merupakan peringatan bagi yang belum berhasil. Namun, guru harus ingat bahwa pada setiap diri anak terdapat kelebihan-kelebihan. Ada anak yang cantik menggambar, tetapi dalam bahasa belum baik. Mulai dari yang baik itu, guru member motivasi semoga perkembangan yang lain juga baik.

f. Kebermaknaan


Hasil evaluasi harus mempunyai makna bagi orang tua, anak didik dan pihak lain yang berkepentingan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal tersebut akan terpenuhi kalau guru sanggup memperlihatkan nilai yang benar-benar menggambarkan ketercapaian pertumbuhan dan perkembangan anak dalam waktu kurun tertentu.

g. Kesesuaian


Penilaian memperlihatkan kesesuain antara hasil atau nilai yang diperoleh anak dengan apa yang dilakukan atau diajarkan guru. Artinya, nilai yang menggambarkan kemajuan pertumbuhan dan perkembangan anak itu memang benar-benar diperoleh dari kegiatan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan guru di sekolah.

No comments:

Post a Comment