Wednesday, 2 November 2022

Pasti Dapat 5 Istilah Terkenal Dalam Evaluasi Kurikulum 2013

5 Istilah terkenal dalam evaluasi kurikulum 2013 – Sebelum memulai kiprah mengajar untuk Tahun Pembelajaran 2018/2019 ada baiknya diingat kembali istilah yang dipakai dalam evaluasi Kurikulum 2013 (Kurtilas/K.13). Pembahasan pada artikel pendidikan ini hanya sekadar untuk menyeragamkan penggunaan istilah dalam evaluasi oleh guru di sekolah.

 Istilah terkenal dalam evaluasi kurikulum  PASTI BISA 5 Istilah Populer dalam Penilaian Kurikulum 2013

Seperti diketahui evaluasi yaitu serangkaian proses untuk mengukur ketercapaian kompetensi siswa. Proses tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan dalam proses belajar. Tujuannya untuk memantau kemajuan maupun perbaikan hasil berguru siswa.

Merujuk pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Revisi Kurikulum 2013, ada beberapa istilah yang sering dipakai dalam acara evaluasi oleh guru di sekolah:

1.Ketuntasan Belajar Minimal(KBM)

KBM yaitu kriteria pencapaian ketuntasan minimal pada satu atau dua kompetensi dasar. Sebagai contoh, ketuntasan mata pelajaran IPA pada kompetensi dasar 1 yaitu 65.

Setelah diadakan ulangan pada kompetensi dasar tersebut, siswa memperoleh nilai 65 atau menguasai bahan pada kompetensi dasar tersebut 65%. Siswa tersebut sudah memenuhi ketunasan berguru minimal.

Sebelumnya dipakai istilah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang tertuang dalam permendikbud Nomor 53 Tahun 2015. Jika Anda ingat, istilah ini sudah pernah dipakai sebelumnya menyerupai pada KTSP (Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan) atau kurikulum 2006.. Ada juga yang memakai istilah SKBM (Syarat Ketuntasan Belajar Minimal).

2.Penilaian Harian(PH)

Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi siswa secara bersiklus sesudah menuntaskan satu atau lebih kompetensi dasar. Penilaian harian lebih kompleks dan tidak hanya sebagai ujian.

Sebelumnya dikenal dengan istilah UH (Ulangan Harian). Semacam acara yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa dan dijadikan pola sebagai prestasi belajar.

3.Penilaian Tengah Semester(PTS)

Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi siswa sesudah melakukan beberapa ahad acara pembelajaran. Penilaian meliputi seluruh indikator pada KD tersebut.  Sebelumnya UTS (Ujian Tengah semester)

4.Penilaian Akhir Semester(PAS)

Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi siswa di selesai semester ganjil/gasal atau semester genap. Mencakup seluruh indikator pada semua KD. Sebelumnya dipakai istilah UAS (Ujian Akhir Semester). PAS untuk semester gasal/ganjil dan semester genap

5.Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Sebelum PAT dipakai istilah UKK (Ujian Kenaikan Kelas). PAT terdiri dari bahan soal pada semester ganjil (25%) dan semester genap (75%). Kenaikan kelas ditentukan oleh PAT
Simak juga : Mekanisme Sistem Penilaian dalam Pendidikan 
Demikian 5 istilah evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam kurikulum 2013.

No comments:

Post a Comment