Monday, 14 October 2019

Jadi Berakal Skripsi Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad


Skripsi Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Dalam Undang-Undang No. 20 tahun 2003 wacana sisdiknas dijelaskan bahwa pendidikan nasional bertujuan meningkatkan kualitas insan Indonesia yaitu insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab, dan produktif serta sehat jasmani dan rohani.

Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut tidak lepas dari persoalan-persoalan bagaimana seorang pendidik memberikan ilmu pengetahuan dan perjuangan menawarkan bimbingan kepada anak biar sanggup menimbulkan kemauan berguru khususnya pelajaran matematika. Sejalan dengan hal ini pemerintah senantiasa berusaha meningkatkan kualitas pendidikan antara lain dengan penyempurnaan kurikulum, penyediaan buku-buku bermutu, dan peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan-pelatihan maupun studi lanjut. Semua ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan yang masih dirasa kurang.

Banyak faktor yang mempengaruhi hasil berguru siswa diantaranya ialah faktor guru dan metode pembelajaran yang digunakan. Sampai dikala ini masih banyak guru dalam pembelajaran hanya memberikan pengetahuan (transfer of knowledge) kepada anak didiknya saja. Sedangkan anak didik hanya mendapatkan apa yang disampaikan gurunya itu sendiri. Siswa diposisikan sebagai orang yang tidak tahu, yang hanya menunggu yang guru berikan. Hal ini cenderung menciptakan siswa pasif sehingga pelajaran menjadi membosankan, siswa kurang mandiri, tidak berani mengungkapkan pendapatnya, selalu meminta sumbangan guru, dan kurang gigih dalam penyelesaian permasalahan.

Selama ini kita melihat kenyataan bahwa matematika pada umumnya merupakan mata pelajaran yang tidak disenangi anak dan salah satu pembelajaran yang dianggap sulit bagi sebagian siswa. Kesulitan ini tidak hanya pada bahan saja akan tetapi juga mungkin disebabkan penggunaan metode mengajar yang kurang tepat. Untuk itu guru dalam mengajar matematika dituntut memakai metode yang sesuai. Selain keterlibatan siswa secara aktif dalam berfikir dan kemampuan memecahkan masalah yang merupakan tujuan dari pembelajaran matematika. Oleh lantaran itu guru matematika perlu menyebarkan banyak sekali metode pelajaran matematika, biar pelajaran matematika tidak lagi dipandang sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan.

Dalam kurikulum 2006 dituntut keaktifan siswa dalam belajar. Proses pembelajaran tidak didominasi oleh guru tetapi siswa ikut aktif didalamnya. Salah satu taktik pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif ialah pembelajaran yang memakai pendekatan konstruktivis. Pendekatan semacam ini memperlakukan siswa sebagai subjek yang aktif dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Dalam pembelajaran kooperatif dikenal adanya beberapa macam tipe diantaranya tipe STAD (Student Team Achievement Division), tipe GI (Group Investigation), tipe Jigsaw, dan pendekatan struktural.

Skripsi Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad

Didalam pembelajaran matematika banyak cara yang diperoleh dari pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Sebagai teladan dalam bahan sistem persamaan linear dua variabel, dimana nantinya siswa sanggup menyatakan permasalahan yang ada dalam bentuk soal kisah menjadi model matematika dan memilih penyelesaiannya. Sehingga siswa menemukan sendiri hasil selesai yang diperoleh sebagai tanggapan selesai dari permasalahan tersebut.

Catatan: File ini semata-mata saya dapatkan dari teman-teman kuliah, Jika anda merasa pemilik file ini, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia!!!

No comments:

Post a Comment