Sunday, 13 January 2019

Pasti Dapat Yuk, Temukan Hal-Hal Yang Menciptakan Kau Rajin Tiba Dan Berguru Di Sekolah

Yuk, temukan hal-hal yang menciptakan kau rajin tiba dan mencar ilmu di sekolah – Masa sekolah yaitu masa-masa terindah dalam proses hidup dan kehidupan seseorang. Masa penuh nuansa warna-warni yang sulit dilukiskan dengan kata-kata. Hal ini didukung oleh kondisi siswa yang sedang berada pada masa remaja. Masa dimana seseorang mengalami gairah dan gejolak perasaan dan pikiran.

hal yang menciptakan kau rajin tiba dan mencar ilmu di sekolah PASTI BISA Yuk, Temukan Hal-hal yang Membuat Kamu Rajin Datang dan Belajar di Sekolah
Kegembiraan siswa saat berada di sekolah (pexels.com)

Namun tidak semua yang mengalami masa sekolah sebagai masa yang menyenangkan. Masa sekolah dirasa sebagai masa penuh hukum dan ujian. Masa yang mengekang dan mengungkung. Perilaku absen atau malas tiba dan mencar ilmu di sekolah menjadi salah satu indikasinya.

Kalau pun harus tiba ke sekolah hanyalah untuk menunaikan kewajiban terhadap orangtua yang mengeluarkan uang saku saban hari. Motif ini justru hanya akan memberatkan siswa untuk tiba dan mencar ilmu ke sekolah.

Untuk memotivasi biar siswa bersemangat tiba dan mencar ilmu di sekolah, siswa perlu membangkitkan motivasi dirinya sendiri.

Sesungguhnya banyak hal yang sanggup dijadikan motif bagi seorang siswa untuk rajin tiba dan mencar ilmu di sekolah. Coba ikuti uraian berikut ini!

1.Ruang belajar

Jangan anggap enteng suasana ruang belajar. Pengaruhnya besar terhadap seorang siswa untuk tiba dan mencar ilmu di sekolah. Ruang mencar ilmu yang higienis dan ditata rapi serta menyejukkan mata, akan menciptakan siswa kangen tiba dan mencar ilmu di sekolah.

2.Suasana belajar

Selain ruang mencar ilmu yang menyenangkan, suasana mencar ilmu yang menggairahkan akan menciptakan siswa selalu rindu untuk tiba dan mencar ilmu di sekolah. Ketika masih di rumah bayangkan oleh siswa jikalau dia akan tiba ke ruang mencar ilmu yang nyaman dan suasana mencar ilmu menggembirakan.

3.Lingkungan sekolah

Pernahkah siswa merenung saat tinggal beberapa bulan lagi siswa mencar ilmu di sekolah itu? Tak usang lagi siswa akan pergi meninggalkan sekolah dengan lingkungan yang asri. Kalau siswa merenung ibarat itu pasti siswa akan garang tiba dan mencar ilmu di sekolah.

4.Pergaulan sosial

Bagaimana pergaulan sosial di sekolah? Dengan sesama teman atau dengan guru? Pergaulan sosial yang sehat tentu akan menciptakan siswa termotivasi untuk setiap hari tiba dan mencar ilmu di sekolah.

5.Guru yang memesona dan humoris

Memang, abjad masing-masing guru berbeda satu sama lain. Namun dalam pikiran siswa, sayang dilewatkan atau tidak tiba ke sekolah alasannya yaitu akan mencar ilmu dengan guru yang memesona serta mempunyai sense of humour.(rasa humor).
Simak juga : Tips Agar Bersemangat Datang ke Sekolah
Tentunya, masih banyak hal lain yang mendorong siswa untuk rajin dan bersemangat tiba dan mencar ilmu di sekolah. Makanya, siswa perlu memotivasi dirinya sendiri, menemukan sesuatu yang positif, berimprovisasi sehingga siswa tidak malas tiba dan mencar ilmu di sekolah.

Pasti Dapat Melongok Dasawisma Kenanga 16 Tigo Tumpuak Kenagarian Taluak

Melongok dasawisma kenanga 16 tigo tumpuak kenagarian taluak – Pemberdayaan masyarakat perlu dimulai dari unit terkecil masyarakat itu sendiri, ialah keluarga. Dari unit terkecil ini akan menyebar membentuk kelompok-kelompok kecil, menyerupai Dasawisma yang ada di tingkat jorong.

 Pemberdayaan masyarakat perlu dimulai dari unit terkecil masyarakat itu sendiri PASTI BISA Melongok Dasawisma Kenanga 16 Tigo Tumpuak Kenagarian Taluak
Anggota Dasawisma Kenanga 16 Jorong Tigo Tumpuak Kenagarian Taluak foto bersama (Rika G/matrapendidikan.com)

Pemberdayaan masyarakat melalui kelompok Dasawisma digerakkan oleh PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) yang ada di tingkat Jorong, nagari dan kecamatan.

Kali ini kami mengajak anda untuk melongok Dasawisma Kenanga 16 Jorong Tigo Tumpuak Kenagarian Taluak. Dasawisama yang diketuai oleh Ny. Rika Gusti ini sudah mulai aktif semenjak tahun lalu. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka memberdayakan keluarga untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga.

“Membuat Taman berupa Apotik Hidup dan dapur Hidup. Kemudian melakukan kegiatan sosial, keagamaan dan kemasyarakatan. Bentuk kegiatan ini diadaptasi dengan tradisi dan budaya masyarakat di Nagari Taluak,” tutur Ny. Rika Gusti kepada admin matrapendidikan.com melalui telepon selluler.

Lebih jauh Ny.Rika Gusti merinci apotik hidup dilengkapi dengan aneka macam tanaman obat (herbal) menyerupai jahe, kunyit, lengkuas dan lain sebagainya. Sementara itu dapur hidup berisi materi dan bumbu kebutuhan dapur.

 Pemberdayaan masyarakat perlu dimulai dari unit terkecil masyarakat itu sendiri PASTI BISA Melongok Dasawisma Kenanga 16 Tigo Tumpuak Kenagarian Taluak
Penggerak PKK Jorong Tigo Tumpuak dan Nagari Taluak foto bersama di depan Taman Dasawisma (Rika G/matrapendidikan.com)

“Dengan demikian setiap rumah anggota Dasawisma Kenanga 16 sanggup menerapkannya di rumah masing-masing dengan memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong untuk ditanami apotik hidup[ dan dapur hidup,” tegas ibu dari dua anak ini.

Kegiatan keagamaan yang dilaksanakan antara lain pengajian, wirid, lomba tahfizul qur’an, dan lainnya. Seperti yang diutarakan Ny. Rika Gusti, Dasawisma Kenanga 16 Tigo Tumpuak dibina eksklusif oleh Penggerak PKK Jorong Tigo Tumpuak Ny. Dona Rici Putra Minda.

 Pemberdayaan masyarakat perlu dimulai dari unit terkecil masyarakat itu sendiri PASTI BISA Melongok Dasawisma Kenanga 16 Tigo Tumpuak Kenagarian Taluak
Wali Nagari Taluak beserta Ibu Penggerak PKK hadir dalam pembenahan taman Dasawisma (Rika G/matrapendidikan.com)

Di tingkat nagari, Dasawisma Kenanga 16 Tigo Tumpuak dibina oleh Tim Penggerak PKK Kenagarian Taluak, Ny. Yet Pendi Aswil. Selanjutnya untuk tingkat perintah kecamatan dibina oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Lintau Buo, Ny. Zulkifli Idris.

Peran strategis dasawisma

Dasawisma merupakan kelompok dalam PKK yang mempunyai tugas strategis dalam mewujudkan keluarga sejahtera. Sekaligus menjadi ujung tombak bagi penggagas PKK dalam melakukan 10 kegiatan pokok PKK  di lapangan.

Kelompok Dasawisma berpotensi lebih kreatif menggerakkan kesejahteraan keluarga guna membangun masyarakat sejahtera mulai dari unit pemerintahan terkecil, ialah jorong.

Kegiatan kelompok Dasawisma tidak hanya meningkatkan kesejahteraan dalam ekonomi dan kesehatan, melainkan juga pendidikan berbasis keluarga. Melalui Dasawisma pendidikan keluarga menjadi lebih proaktif digalakkan dalam rangka menunjang pendidikan di forum sekolah.

Tentu saja, pendataan anggota keluarga di kelompok Dasawisma serta manajemen kegiatan yang telah dilaksanakan perlu lebih dibenahi lagi. Dalam evaluasi Lomba Dasawisma, manajemen dan kelengkapan bukti fisik kegiatan sangat diperlukan.

Pasti Dapat Peranan Kelompok Dasawisma Dalam Menunjang Pendidikan Di Lingkungan Keluarga

Peranan kelompok dasawisma dalam menunjang pendidikan di lingkungan keluarga – Pendidikan anak dalam prosesnya menjadi tanggung jawab keluarga, forum sekolah dan pemerintah. Ketiga unsur ini saling bersinergis dalam memajukan proses pendidikan anak melalui taktik dan metode masing-masing.

Peranan kelompok dasawisma dalam menunjang pendidikan di lingkungan keluarga PASTI BISA Peranan Kelompok Dasawisma dalam Menunjang Pendidikan di Lingkungan Keluarga
Kelompok dasawisma berperan penting dalam menunjang pendidikan (Rika G/matrapendidikan.com)

Disadari bahwa keluarga menjadi basis utama pendidikan anak. Hal ini lantaran anak lahir dan dibesarkan pertama kali di lingkungan keluarga, sebelum memasuki kursi pendidikan di sekolah. Oleh lantaran itu sangat besar tugas keluarga dalam mendidik anak.
Sebuah keluarga ialah unit terkecil dari struktur sosial kemasyarakatan. Pemberdayaan terhadap keluarga dilakukan oleh kedua orangtua melalui banyak sekali inovasi.

Dalam level yang lebih luas, pemberdayaan keluarga dilaksanakan melalui bimbingan organisasi kemasyarakatan. Salah satu organisasi kemasyarakatan dalam  pemberdayaan keluarga ialah PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga).

PKK mempunyai 10 jadwal pokok dan salah satu butir jadwal tersebut ialah unsur pendidikan dan keterampilan. Penerapan jadwal ini lebih efektif untuk mencapai sasaran melalui kelompok Dasawisma. Kelompok ini merupakan kumpulan beberapa keluarga yang diberdayakan melalui acara dalam PKK.

Peranan dasawisma sangat penting dalam membuatkan terusan pendidikan dan keterampilan di lingkungan keluarga. Pencerahan terhadap pentingnya pendidikan dalam kelompok dasawisma akan berdampak pada kesadaran keluarga untuk mengedepankan pendidikan anak.

Melalui acara kelompok dasawisma, keluarga mempunyai kesadaran dan pemahaman yang tinggi bahwa pendidikan itu ialah bekal berharga bagi anak di masa depan.

Selain itu di lingkungan keluarga, anak memperoleh keterampilan dasar yang sanggup memperkuat jadwal keterampilan di forum sekolah.
Dasawisma dibina oleh Penggerak PKK di tingkat jorong maupun nagari. Pembinaan yang intensif oleh para pelopor PKK terhadap kelompok dasawisma melalui 10 jadwal pokok PKK akan meningkatkan nilai tambah terhadap pemberdayaan keluarga khususnya dalam aspek pendidikan dan keterampilan.

Saturday, 12 January 2019

Pasti Dapat Simulasi Unbk Tahap 2 Bakal Digelar Di Sekolah Penyelenggara

Simulasi unbk tahap 2 bakal digelar di sekolah penyelenggara – UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) untuk SMP/MTs sesuai aktivitas menyerupai dikutip dari situs unbk.kemdikbud.go.id akan dilaksanakan 23 sd 26 April mendatang. Ujian dibagi menjadi 3 sesi masing-masing selama 2 jam setiap mata pelajaran  yang diujikan. Mata pelajaran yang diujikan ialah bahasa Indonesia, Matamatika, bahasa Inggris dan IPA.

MTs sesuai aktivitas menyerupai dikutip dari situs unbk PASTI BISA Simulasi UNBK Tahap 2 Bakal Digelar di Sekolah Penyelenggara
Simulasi bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi UNBK mendatang (doc.matrapendidikan.com)

Sekolah-sekolah penyelenggara telah melakukan simulasi UNBK tahap pertama beberapa ahad lalu. Simulasi ini bertujuan untuk membiasakan siswa dengan media ujian berupa komputer dan internat dan memperkenalkan soal-soal latihan.

Untuk menindaklanjuti simulasi tahap 1 maka simulasi kedua akan diselenggarakan di sekolah. Simulasi UNBK bagi siswa kelas IX SMP/MTs bertujuan semoga siswa sudah terbiasa berhadapan dengan media ujian dan model soal yang bakal diuji pada waktu UNBK april mendatang.

Sementara itu, simulasi 2 UNBK di SMPN 2 Lintau Buo akan digelar 28 sd 31 Januari, ahad depan. Sebagai penyelenggara UNBK, segenap unsur terkait dengan kelangsungan pelaksanaan simulasi 2 sudah siap. Termasuk aktivitas pelaksanaan sudah dikantongi oleh siswa maupun pengawas ruang.

Waka Kesiswaan SMPN 2 Lintau Buo Ropi’u, S.Pd berharap kepada 99 siswa kelas 9 untuk mempersiapkan diri dengan baik. Selain itu siswa dibutuhkan untuk menjalani kegiatan simulasi 2 ini dengan baik sehingga pada waktu UNBK siswa tersebut benar-benar siap mental dan siap bahan yang akan diujikan.
Simak juga : Sekilas Tentang UNBK di Sekolah
Siswa SMPN 2 Lintau Buo yang akan mengikuti UNBK berjumlah 99 siswa sehingga jumlah demikian sudah sesuai dengan jumlah unit komputer yang disediakan di ruang ujian.

Pasti Dapat Tugas Pendidikan Dalam Menghadapi Kurun Revolusi Industri 4.0

Peran pendidikan dalam menghadapi kala revolusi industri 4.0 –  Anda mungkin sudah sering mendengar istilah revolusi Industri 4.0. Secara sederhana sanggup diungkapkan bahwa revolusi industri ialah perpaduan antara dunia industri khususnya produksi dengan teknologi online atau internet.

Peran pendidikan dalam menghadapi kala revolusi industri  PASTI BISA Peran Pendidikan dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
Ilustrasi revolusi industri (pexels.com)

Segala acara dunia industri ditopang oleh kemajuan dunia digital dan internet. Dengan demikian dalam revolusi industri akan merubah cara person, perusahaan, pemerintah berinteraksi satu sama lainnya.

Empat titik nol (4.0) memberikan generasi revolusi industri keempat. Era revolusi industri 4.0 mungkin sangat ditakutkan namun gotong royong ketika ini masyarakat Indonesia sudah berada dalam kala tersebut. Buktinya?

Revolusi Industri sebelumnya ditandai dengan kehadiran teknologi digital dan internet. Dalam kala revolusi industri 4.0 ini, teknologi digital dan internet bakal diterapkan secara menyeluruh ke dalam ranah industri.

Persaingan dalam dunia produksi antara satu perusahaan dengan perusahaan lain semakin ketat. Di sisi lain dikhawatirkan kala revolusi industri 4.0 akan mengurangi lapangan pekerjaan yang berujung membengkaknya pengangguran.

Pekerjaan yang semula dikerjakan oleh insan akan digantikan oleh mesin otomasi. Begitu pula komunikasi satu individu dan individu lain yang sanggup dilakukan secara online dan serba cepat. Boleh jadi dunia industri hanya membutuhkan tenaga operator yang mempunyai keahlian dalam dunia digital dan internet.
Era revolusi industri 4.0 menjadi tantangan, sekaligus peluang khususnya bagi masyarakat Indonesia. Tantangan tersebut selalu diantisipasi semenjak dini melalui pendidikan dan latihan di forum formal maupun non formal..

Peran forum pendidikan

Lembaga pendidikan mempunyai tugas penting dalam menyiapkan sumberdaya insan yang siap dalam kala revolusi industri 4.0. Disadari bahwa, kemajuan teknologi digital dan internet pastilah berawal dari dunia pendidikan.yang lebih duluan mengalami kemajuan.

Jika demikian adanya maka forum pendidikan di Indonesia perlu menyiasati kala revolusi industri 4.0 dengan pembenahan dan peningkatan kualitas pendidikan.

Para penentu kebijakan dunia pendidikan mengeluarkan kebijakan-kebijakan jitu, bukan mengubah atau memperbaharui kebijakan yang sudah ada tiap sebentar jikalau memang berpotensi mendukung peningkatan proses pendidikan.

Di tingkat administrasi sekolah, pengelolaan pendidikan di sekolah hendaknya bertumpu pada potensi dan abjad sumberdaya alam dan insan yang ada di sekolah.Setiap sekolah akan memiki potensi berbeda satu dengan sekolah lainnya.

Guru berperang sangat strategis dalam menyiapkan generasi yang siap menghadapi kala revolusi industri 4.0. Mengajar bukan lagi memberikan bahan sebagaimana halnya menuangkan air dari teko ke gelas penampung.

Sebaliknya mengajar dijadikan sebagai tindakan untuk membuat kondisi bagaimana penerima didik sanggup belajar, menjelajah dan menggali ilmu pengetahuan. Motivasi berguru menjadi hal yang penting untuk mendekatkan siswa untuk berguru secara mandiri. Sementara guru berperan sebagai motivator dan perantara berguru bagi penerima didik.

Orangtua murid  sertai komite sekolah tak kalah penting kiprahnya dalam mendukung upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dukungan dimaksud tidak semata dalam bentuk material. Lebih dari itu ialah pinjaman moril secara aktual dalam proses pendidikan di sekolah.

Kerja sama semua pihak yang terkait dalam mengemban misi pendidikan akan membuat peluang positif bagi lulusan forum sekolah dalam menghadapi kala revolusi industri 4.0. 

Pasti Sanggup Anda Beruntung Menerima Hadiah (?)

Anda beruntung mendapat hadiah (?) - Ketika diberitahu oleh seseorang tak dikenal melalui sms bahwa anda beruntung mendapat undian berhadiah… atau apa pun namanya. Misalnya uang senilai puluhan juta atau kendaraan mewah. Bagaimana respon anda? Senang, murung atau jengkel?

 Ketika diberitahu oleh seseorang tak dikenal melalui sms bahwa anda beruntung mendapat un PASTI BISA Anda Beruntung Mendapat Hadiah (?)
Ilustrasi sms keberuntungan  (pixabay.com)

Mungkin ada yang pribadi bahagia dan gembira. Sebaliknya ada juga yang jengkel dan sedih. Anda beruntung…, beruntung mendapat hadiah ikut undian  yang cukup besar nilainya.

Namun dibalik kegembiraan itu apakah anda pernah berpikir, apa yang sudah anda lakukan sebelumnya sehingga memungkinkan anda beruntung memperoleh hadiah uang jutaan rupiah atau kendaraan mewah?

Jika ternyata anda merasa tak pernah berbuat apa-apa, tidak tahu menahu dengan undian apalagi mengikutinya, berdasarkan pikiran anda, mungkinkah anda akan mendapat sesuatu apalagi yang namanya hadiah?

Mungkin juga sebagian anda, justru merasa jengkel dengan notifikasi melalui pesan singkat yang masuk ke inbox anda. Kemudian segera menghapusnya tanpa menggubrisnya sedikitpun. Kenapa? Menurut nalar anda, itu mustahil!

Nah, disinilah pentingnya budi budi atau nalar dalam merespon sesuatu dalam kehidupan sehari

Boleh jadi, kehidupan ini saban hari semakin terasa sulit untuk mendapat uang. Oleh alasannya itu sangat mustahil, seseorang yang tidak anda kenal mengabarkan anda telah beruntung mendapat uang sekian puluh juta. Apalagi sebelumnya anda tidak pernah mengetahui apalagi mengikuti undian tersebut.

Minta uang sama orangtua, saudara atau sobat dalam kondisi menyerupai kini ini. Mudahkah bagi anda? Ya, mungkin susah bila tak ada embel-embelnya. Bukan lantaran pelit tapi memang kondisi keuangan mereka agak

Orang yang memanfaatkan momen undian ini dan undian itu untuk mengeruk laba pribadi, patut kita sesali.

Mereka telah melaksanakan tindakan gegabah dan sia-sia.  Keuntungan yang diperoleh melalui tindakan itu, mungkin saja dipakai untuk mengisi perut,  menutupi badan dengan kain semoga tidak kedinginan, menciptakan rumah kawasan berteduh dari hujan dan panas, dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Barangkali pencerahan akan pentingnya penggunaan nalar dalam kehidupan sehari-hari sangat bermanfaat semoga tidak gampang tertipu oleh tindakan orang lain yang gegabah dan sia-sia.

Pasti Dapat Nining, Kekasih Dalam Khayalan

Aku bukanlah seorang pengidap fictophillia. Pembaca dongeng fiksi yang jatuh cinta pada tokoh dalam dongeng novel atau cerpen yang dibacanya. Setengah mati mengidolakan sosok perempuan  tokoh utama dalam cerita. Kemudian mencari-cari perempuan yang seolah-olah dengan tokoh fiksi itu di dunia nyata.

 Pembaca dongeng fiksi yang jatuh cinta pada tokoh dalam dongeng novel atau cerpen yang diba PASTI BISA Nining, Kekasih dalam Khayalan
Ilustrasi perempuan kekasih hayalan (pexels.com)

Dan aku, juga bukan seorang lelaki yang terobsesi oleh lagu Kekasih Hayalannya, Ello.Aku memang suka lagu itu. Tapi sekali lagi tidak terobsesi oleh lagu itu.

Tetapi saya benar-benar mengagumi seorang tokoh wanita, pelaku dalam kehidupan nyata. Tokoh perempuan yang sering berjumpa denganku dalam kehidupan sehari-hari., Nining Saraswati.

Nining yaitu temanku sendiri. Wajar saja saya dapat berjumpa dengannya. Namun tidak ada yang absurd atau janggal dalam pertemanan itu. Hanya saja, saya  sering mencuri-curi pandang ketika erat dengannya. Dan saya yakin, Nining tidak mengetahui gelagat anehku itu.

Nining berwajah sederhana namun penampilannya menarik  Penampilannya yang menarik boleh jadi menciptakan ia nampak manis dan memesona di mataku.

Kadangkala Nining menciptakan saya tersinggung. Akan tetapi saya memakluminya dan tidak pernah murka kepadanya. Pada kesempatan lain mungkin juga saya yang menyinggung perasaannya. Namun setahuku ia tak menaruh dendam padaku.  

Sungguh mati!  Aku tak mungkin menyatakan kekagumanku pada Nining. Apalagi untuk menyatakan perasaan lebih dari rasa kagum itu pada Nining, tokoh perempuan dalam kisah kehidupan nyata.

Sering saya tersenyum senang ketika mengingat Nining. Disaat ia jauh ia terasa erat di hati. Ketika hatiku galau, senyum dan canda Nining seakan menghibur diriku.
Biarlah Nining Saraswati menjadi kekasih dalam hayalanku. Kekasih yang tak mungkin pernah mencicipi apa yang sedang kurasakan. Kekasih sebagai tokoh perempuan idaman dalam kehidupan nyata.